Inovasi Desa di SBT Terus Dilakukan  

Inovasi Desa di SBT Terus Dilakukan   

BULA, hunimuanews.com-Program Inovasi Desa yang ditetapkan Kemnterian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi terus dilaksanakan di kabupaten Seram Bagian Timur. Program ini menjadi salah satu upaya mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan dana desa.

 

Tenaga Ahli Pemberdayaan kabupaten SBT, Abu Bakar Tuhuteru mengatakan, inovasi desa merupakan salah satu program dari kementerian desa untuk meningkatkan manfaat dana desa  tahun 2015 sampai dengan tahun 2019.

 

Tuhuteru mengungkapkan, Inovasi dilaksanakan melalui Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) yang berkedudukan di kecamatan.

 

Dijelaskan, TPID bertugas mengidentifikasi kegiatan inovatif yang dibiayai dengan dana desa, diantaranya, pembangunan insfrastuktur desa maupun pengembangan sumber daya manusia melalui kegiatan pendidikan dan kesehatan.

 

“Dan kegiatan kewirausahaan mulai dari pelaksanaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),”kata Tuhuteru kepada hunimuanews.com di desa Engglas, Rabu (24/10).

 

Disebutkan, sejumlah item kegiatan tersebut akan dijadikan inspirasi dan motivasi bagi desa lain, agar lebih inovatif dalam menetapkan program pembangunan melalui program dana desa.(GR)