Indonesia vs Malaysia Pertarungan Harga Diri Semifinal Sepakbola SEA Games 2017

Indonesia vs Malaysia Pertarungan Harga Diri Semifinal Sepakbola SEA Games 2017
hunimuanews.com - Evan Dimas meminta doa dan dukungan seluruh rakyat Indonesia menatap laga melawan Malaysia. Laga ini soal harga diri bangsa.

Indonesia akan melawan Malaysia di semifinal sepakbola SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Sabtu (26/8) sore. Skuat Garuda lolos sebagai runner-up Grup B usai mengalahkan Kamboja 2-0.

Malaysia sendiri lolos sebagai juara Grup A dengan hasil sempurna, memenangi seluruh empat pertandingan.

Mengingat Indonesia dan Malaysia punya sejarah rivalitas yang panjang, laga ini dipastikan bakal berjalan panas. Apalagi di SEA Games kali ini diwarnai isu bendera merah-putih terbalik dan sejumlah dugaan kecurangan di nomor-nomor olahraga tak terukur.

Gelandang timnas Evan Dimas mengakui pertandingan melawan Malaysia lebih dari sekadar soal permainan di atas lapangan. “Kami meminta doa kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk pertandingan semifinal melawan Malaysia,” kata Evan kepada para wartawan selepas pertandingan.

“Lawan Malaysia bukan sekadar soal main sepakbola ya saya rasa, tapi juga harga diri bangsa. Harus mati-matian,” imbuhnya.

Soal keributan yang pecah seusai pertandingan melawan Kamboja, Evan tak mau banyak komentar. Dia menyebut di lapangan terkadang sulit menahan luapan emosi.

“Saya no comment lah kalau itu. Biasa kita sebagai pesepakbola juga nggak ingin seperti itu. Tapi sebagai manusia kita pengen membela bangsa mati-matian sehingga emosi terluapkan dan tidak terkontrol,” ujarnya.

Tanpa Tiga Pemain Kunci

Timnas Indonesia U-22 akan kehilangan tiga pemain penting saat menghadapi Malaysia pada laga semifinal SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (26/8).

Ketika pemain Timnas Indonesia U-22 yang akan absen adalah Hansamu Yama Pranata, Muhammad Hargianto, dan Marinus Wanewar. Ketiganya akan absen melawan Malaysia karena akumulasi kartu kuning.

Hansamu, Hargianto, dan Marinus mendapat kartu kuning saat Timnas Indonesia mengalahkan Kamboja 2-0 pada laga terakhir Grup B di Stadion Shah Alam, Kamis (24/8). Khusus untuk Hansamu, kapten tim Garuda Muda itu mendapat kartu kuning karena kericuhan di pengujung laga.

SEA Games 2017 sendiri menggunakan peraturan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk cabang sepak bola. Dalam peraturan teknis cabang sepak bola SEA Games 2017 pasal 9.8.1, disebutkan, “Pemain yang mendapat dua kartu kuning dalam dua laga berbeda, secara otomatis dihukum untuk pertandingan selanjutnya.”

Lebih lanjut dalam pasal 9.8.2 disebutkan hanya pemain atau ofisial sebuah tim dengan satu kartu kuning di babak grup yang tidak akan membawa hukuman itu ke babak semifinal.

Timnas Indonesia U-22 lolos ke semifinal SEA Games 2017 sebagai runner-up Grup B setelah mengalahkan Kamboja di laga terakhir. Tim Garuda Muda mendampingi Thailand yang sukses menjadi juara Grup A setelah mengalahkan Vietnam.

Malaysia sendiri lolos ke semifinal sebagai juara Grup A. Sementara Thailand akan menghadapi Myanmar pada laga semifinal yang akan berlangsung pada Sabtu malam.