HPN 2019, Presiden Jokowi Menerima Penghargaan Medali Kemerdekaan Pers

HPN 2019, Presiden Jokowi Menerima Penghargaan Medali Kemerdekaan Pers

NASIONAL, hunimuanews.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) Hadiri acara perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Grand City Mall, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/2). di selenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). bertemakan “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”

 

Sejumlah menteri kabinet kerja ikut hadir mendampingi Presiden Jokowi pada acara ini. Diantaranya Menteri Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

 

Hadir sebagai penyelengara kegiatan Gubernur Jawa Timur Dr.H Soekarwo, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Ketua Dewan Pers Stanley,. serta Perwakilan Pers dari seluruh Nusantara.

 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan ungkapan terimakasih kepada insan pers nasional yang bisa menjadi media arus utama dalam memberitahukan informasi tepat kepada para pembacanya.

 

Di tengah maraknya informasi yang berseliweran di media sosial online. Jokowi meminta media tetap menjaga kepercayaan masyarakat dengan memberikan berita-berita yang aktual dan berimbang.

 

“Saya bergembira, sangat bergembira. Semakin ke sini, masyarakat semakin tidak percaya media sosial, karena media berhasil menjadi salah satu sumber referensi terpercaya dari masyarakat,” kata Jokowi.

 

Jokowi juga meminta media untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat dengan membuat berita yang berpegang teguh pada kebenaran.

 

“Insan media arus utama justru sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi. Dibutuhkan untuk menyajikan informasi-informasi yang terverifikasi,” tegas Jokowi.

 

Sejumlah penghargaan diberikan kepada berbagai pihak yang telah berdedikasi dalam perkembangan dunia pers, termasuk pemberian Medali Kemerdekaan Pers kepada Presiden Jokowi.

 

Pada kesempatan yang sama di adakan perjanjian MoU Pendidikan dan Pelatihan serta Peningkatan Profesionalisme Wartawan dan Pengembangan Warga Terdampak Bencana antara PWI dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Astra International Tbk, GAPKI, Artha Graha Peduli, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

 

Perjanjian lainya pada kesempatan yang sama pula dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait Pengembangan Tol Laut antara Kementerian Perhubungan dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). (hn-live)