Pemda SBT Gelar Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional

Pemda SBT Gelar Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional

BULA,Hunimuanews.com-Pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur menggelar upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN), Selasa (17/7). Para aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah ini diharapkan terus meningkatkan kualitas kinerja.

 

Bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HKN yang digelar di pelataran kantor bupati kabupaten SBT tersebut, wakil bupati Fachri Husni Alkatiri serta dihadiri para ASN.

 

Wakil  wakil bupati, Fachri Husni Alkatiri mengungkapkan, upacara HKN  yang diselenggarakan setiap bulan ini janganlah dianggap sebagai formalitas belaka,  karena upacara dalam rangka memperingati hari kesadaran nasional ini seyogyanya memiliki nilai yang sangat luhur.

 

“ Dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama yaitu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,”ungkapnya.

 

Dijelaskan, dengan hari kesadaran nasional ini, ASN dapat menyadari dirinya sebagai pelayan masyarakat dan bisa mengembangkan semangat patriotisme kebangsaan.

 

“Mudah – mudahan dengan upacara ini, bisa memberikan kesadaran kepada seluruh aparatur negara agar dapat melayani masyarakat dan dapat mengelola berbagai dinamika sosial yang ada ditengah-tengah kehidupan masyarakat secara arif dan bijaksana, sehingga setiap persoalan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya,”harapnya.

 

Untuk mewujudkan fungsi pelayanan tersebut, lanjut Alkatiri setiap aparatur pemerintahan, khususnya di lingkungan pemerintah kabupaten SBT  harus meningkatkan kemampuan dan pemahaman dari setiap peraturan.

 

Adanya penyimpangan dalam praktek pelayanan masyarakat tidak hanya disebabkan oleh faktor kesengajaan,  namun sering terjadi karena adanya salah prosedur administrasi dan bedanya pemahaman terhadap peraturan.

 

Karena itu, para ASN diimbau  agar dapat memahami sebuah peraturan dengan baik. Melalui berbagai sosialisasi, Bintek, dan penandatangan pakta integritas yang telah dan akan dilakukan

 

“Saya  berharap, kesalahan – kesalahan pemahaman tersebut bisa hilang, sehingga pelayanan kepada masyarakat pun bisa diberikan secara maksimal,”ujarnya.(GR)