Hadapi AN 2021, Siswa SMP PGRI Afang Gencar Kuasai IT

Hadapi AN 2021, Siswa SMP PGRI Afang Gencar Kuasai IT

BULA, hunimuanews.com-Dalam menghadapi Asesmen Nasional (AN) berbasis komputer Tahun 2021, siswa SMP PGRI Afang kecamatan Kilmury gencar menguasai Informasi Teknologi (IT). Langkah yang dilakukan para siswa-siswi ini dengan cara mengolah sistem informasi melalui leptop komputer.

 

Diketahui Asesmen Nasional (AN) merupakan satu program pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat serta memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri.

 

Tidak hanya itu, pada Asesmen Nasional nantinya, mutu satuan pendidikan akan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar. Hal itu diberlakukan agar dapat meningkatkan literasi, numerasi dan karakter serta kualitas proses belajar-mengajar siswa.

 

Kepala Sekolah SMP PGRI Afang kecamatan Kilmury Salim Rumakabis kepada media ini Senin (7/9/21) mengungkapkan, sejauh ini siswa-siswi pada sekolah tersebut terus melaksanakan simulasi secara bertahap. Meski demikian, pihaknya terus meraup semangat para siswa ini agar terus memanfaatkan simulasi itu dengan baik.

 

"Ini adalah program pemerintah dalam kegiatan Asesmen Nasional dan ini merupakan suatu proses penilaian pada setiap siswa pada satuan pendidikan termasuk sekolah, lingkungan bahkan guru- gurunya," ungkap Rumakabis

 

Dia mengaku, dengan adanya program pemerintah tentang Asesmen Nasional (AN) ini, endingnya membawa perubahan terhadap siswa-siswi tersebut. Dari perubahan itu, secara sendirinya mereka mampu mengelola sistem aplikasi pada leptop maupun komputer.

 

"Benar-benar membawah dampak positif pada siswa. Dalam hal ini siswa yg tadi belum bisa memahami IT dan perangkat lunak pada IT itu sekarang sudah bisa siswa dapat mengoperasikan IT dengan baik pula," jelasnya

 

Dikatakan para siswa ini selama mengikuti simulasi, sering mengalami berbagai kendala dalam proses tersebut. Dijelaskan berkaitan dengan penyediaan leptop komputer, SMP PGRI Afang hanya memiliki 5 buah Leptop, dan 1 unit Komputer. Ini yang kemudian digunakan para siswa-siswi selama ini.

 

"Sebenarnya kita juga memiliki kekurangan kaitanya dengan media, Alhamdulillah SMP afang mempunya 5 leptop, 1 computer, dan 15 crombok jadi sudh bisa membantu siswa untuk kgtn AN dan ANBK di tgl 3_ 4 Oktober 2021 nanti," terangnya

 

Dari kekurangan itu lanjut dia, dalam menghadapi Asesmen Nasional itu pihaknya menginginkan tambahan bantuan Leptop komputer serta peningkatan kapasitas jaringan dalam menghadapi ujian tersebut. (HN-MR