Formasi CPNS 2018 Segera Diumumkan

Formasi CPNS 2018 Segera Diumumkan

JAKARTA, Hunimuanews.com-Pemerintah segera mengumumkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan diseleksi tahun 2018. Pemerintah akan membuka lowongan untuk sekitar 100 ribu tenaga pendidikan.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB),  Asman Abnur mengatakan, seleksi CPNS nanti dalam rangka memnuhi kebutuhan PNS, karena ada sekitar  220 ribu  PNS  yang pensiun.

 

“Dalam waktu dekat kita umumnkan jumlah formasinya. Baik itu KL (Kementerian dan Lembaga) maupun pemerintah daerah yakni pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Jadi, tunggu saja nanti kita umumkan,”katanya, sebagaimana dirilis melalui akun resmi twitter@BKNgoid, Minggu (15/7).

 

Dan, lanjutnya seleksi CPNS  akan dilaksanakan  oleh BKN. “Jadi, jumlah pensiun 220 ribu, tapi kita pakai pertumbuhan yang minis, yang kita terima kurang dari itu (pensiunan-red),”tegasnya.

 

Kecuali tahun ini, kata Asman Abnur, ada penambahan khusus untuk Guru dan tenaga kesehatan.

 

Diungkapkan, jumlah guru yang dibutuhkan melalui seleksi CPNS tahun ini berjumlah sekitar 100 ribu orang untuk mengatasi kekuarangan guru di pemerintah daerah, baik provinsi mapun kabupaten/kota.

 

“Menurut Kementerian Dikbud, itu kurang lebih 700 ribu (kekurangan-red). Jadi, kita cicil.  Nanti di luar formusi teknis tadi,”ungkapnya.  

 

Terkait  tenaga honorer  kategori dua (K2), Asman Abnur mengatakan, tidak ada jalur khusus, tapi harus melalui tes secara umum.

 

“Jadi yang memenuhi, K2, honorer silakan ikut tes. Sementara kita prioritaskan rekruitmen secara terbuka,”tandasnya.(MB)