Ethiopian Airlines, Selurunya Crew Perempuan

Ethiopian Airlines, Selurunya Crew Perempuan

Lifestyle, hunimuanews - Langkah revolusioner diambil oleh Ethiopian Airlines. Maskapai penerbangan asal Ethiopia tersebut mengumumkan kalau jalur penerbangan menuju Nigeria bakal menggunakan awak pesawat yang seluruhnya berjenis kelamin Perempuan, termasuk pilot.

Maskapai yang sama menambahkan kalau penerbangan ini bakal menjadi penerbangan pertama di Afrika yang seluruh krunya adalah perempuan. Rencananya penerbangan perdana jalur ini bakal dilakukan pada tanggal 16 Desember dengan rute Addis Ababa–Lagos. Sejumlah wartawan Nigeria juga bakal ikut serta dalam penerbangan perdana kelak.

“Di negara di mana hanya sedikit wanita yang berani memasuki profesi pilot yang didominasi oleh kaum pria, Kapten Amsale Guale pada tahun 2010 menjadi kapten wanita pertama yang menerbangkan Bombardier Ethiopian Airlines dari Addis Ababa menuju Gondar,” jelas pihak maskapai.

“Kami ingin mempromosikan keterampilan kaum wanita dan mendorong lebih banyak wanita Afrika untuk menempuh karir penerbangan. Walaupun sepertiga karyawan kami adalah wanita, jumlah ini lebih kecil jika membicarakan posisi-posisi seperti pilot dan teknisi.”

Guale sendiri mengaku bangga karena bisa menjadi satu dari sedikit wanita yang berprofesi sebagai pilot. “Penerbangan ini menunjukkan pada kita bahwa jika wanita mendapatkan kesempatan yang setara dan bekerja keras, saya yakin kalau mereka bisa menggapai apapun yang mereka inginkan,” imbuhnya.

Walaupun penerbangan ini kelak bakal menjadi penerbangan perdana di Afrika yang seluruh awaknya adalah perempuan, penerbangan macam ini bukanlah yang pertama di dunia. The Independent mengabarkan kalau pada bulan Oktober lalu, pesawat milik maskapai Southwest Airlines melakukan penerbangan dari St. Louis menuju San Fransisco dengan pilot dan awak yang seluruhnya adalah perempuan. (HN – HR)