Dugaan Penyelewengan Dana Desa, Oknum Kades Dilapor

Dugaan Penyelewengan Dana Desa, Oknum Kades Dilapor

BULA, hunimuanews.com - Oknum Kepala Desa (Kades) Salagur Kota, Kecamatan Siritaun Wida Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) berinisial AR dilaporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) SBT. AR dilaporkan perwakilan pemuda peduli pembangunan setempat karena diduga melakukan Tindakan Pidana Korupsi anggaran Dana Desa. Jumat, (15/05/2020).

 

Terhadap dugaan itu, Kepala Pemuda Desa Salagur Kota, Haris Rumuar kepada hunimuanews.com di Bula mengatakan, dirinya bersama perwakilan pemuda dan masyarakat setempat telah menyampaikan laporan kepada Kepala Kejari SBT pada bulan April lalu 2020.

 

"Kami sudah melaporkan oknum Kepala Desa Salagur Kota berinisial AR itu ke Kejari SBT pada 11 April 2020. Dan laporan kami sudah diterima langsung oleh Kepala Kejari SBT, Riyadi" ucap Haris Rumuar, pada Kamis, 14/04/ kemarin.

 

Selain itu Nasarudin Rumain, yang juga pemuda desa setempat mengatakan, dugaan penyelewengan DD yang dilakukan AR mulai di Desa Salagur Kota, mulai tahun 2016 sampai tahun 2018. 

 

Rumain menjelaskan, dugaan tindakan pidana korupsi yang dilakukan Kades Salagur Kota, telah berdampak terhadap kerugian negara sebanyak Rp. 312. 039, 220. "Ini sesuai dengan kondisi lapangan yang kami temui. Bahwa beberapa program yang sudah masuk dalam Rancangan Anggaran Belanja (RAB) tidak direalisasikan.

 

Untuk itu, atas masalah tersebut kata Rumain, ratusan masyarakat juga memberikan dukungan dan tandatangan untuk AR dilaporkan ke Kejari SBT, agar di proses secara hukum atas tindakannya. "Kami sampaikan laporkan ini, karena banyak program yang tidak direalisasikan. Dan kami meminta untuk Kepala Kejari SBT segara melakukan proses hukum atas Kedas Salagur Kota itu" kata Rumain. (HN-OPAN)