DPRD Soroti Masalah Pendidikan, Rumaratu : Guru Kontrak Akan Dievaluasi

DPRD Soroti Masalah Pendidikan, Rumaratu : Guru Kontrak Akan Dievaluasi

 

Bula SBT, hunimuanews – Masalah pendidikan di kabupaten Seram Bagian Timur terus disoroti  wakil rakyat di DPRD Seram Bagian Timur, terutama masalah guru. Kepada dinas pendidikan, Achmat Rumaratu pun menegaskan, akan mengevaluasi guru kontrak.

Sebagaimana diketahui, sorotan terhadap masalah pendidikan kembali terjadi saat puluhan guru mendatangai kanotr DPRD Seram Bagian Timur, menyuarakan aspirasi tentang  hak – hak mereka yang belum diterima.  

Komisi C pun mengundang dinas Pendidikan guna membicarakan masalah tersebut, termasuk masalah lain dalam pembangiunan bidang pendidikan di daerah, .

Terkait guru kontrak, Achmat Rumaratu berjanji melakukan evaluasi menyelurtuh terhadap para guru kontrak yang saat ini ditugaskan di berbabai sekolah di daerah ini.

Langkah evaluasi tersebut, kata Rumaratu mengingat masih ada guru kontrak yang diduga tidak menjalankan tugas dengan baik dan sering meninggalkan tempat tugas mereka.

“ Ada evaluasi terkait denga persoalan guru tahun 2017. Ada yang mengajar tidak maksimal, tinggalkan tempat tugas. Ini yang akan kita evaluasi,” kata Rumaratu di gedung DPRD kabupaten SBT, Rabu (7/2).  

 

Menyaol adanya sorotan tentang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) diangkat menjadi guru kontrak, Rumaratu mengatakan, lulusan SMA tersebut adalah mereka yang memiliki pengalaman mengajar sangat baik. Sehingga, perlu diperhatikan. Apalagi mereka mengabdi cukup lama.

 

“ Ada beberapa (lulusan SMA-red). Mereka sudah mengajar bertahu-tahun. Apa salahnya. Kalau bicara pengalaman, mereka berpengalaman yang banyak, walaupun kualifikasi pendidikan SMA,”kata Rumaratu 

 

Apalagi, lanjut Ruamratu para guru yang merupkan lulusan SMA tersebut memiliki semangat pengabdian yang tinggi. Mereka tetap di tempat tugas dan mengajar. (HN - MB)