DPRD : Selain Beras, Pangan Lokal Juga Penting

DPRD : Selain Beras, Pangan Lokal Juga Penting

BULA, hunimuanews.com-Peluncuran beras Gumumae cap Pala di kecamatan Bula Barat, Minggu (10/2) patut diapresiasi. Ini adalah salah satu wujud keberhasilan pembangunan di bidang pertanian. Pemerintah daerah diingatkan agar mewujudkan hal yang sama untuk pangan lokal di daerah ini.

 

Hal tersebut disampaikan Anggota komisi B DPRD kabupaten SBT, Alimudin Kolatlena.“Launching Beras Gumuame adalah progres yang baik untuk pertanian di SBT. Meskipun presentasenya kacil,”ungkap Kolatlena, Senin (11/2).

 

Menurutnya keberhasilan pemerintah dan petani sawah dalam memproduksi beras sendiri di daerah ini adalah suatu progres yang patut diapresiasi. Tapi, perlu disertai perhatian yang sama pada pangan lokal yang menjadi komiditi di daerah ini.

 

“Kita tentukan mengapresiasi ini (Lounching beras Gumumae-red). Namun pada saat yang sama, pangan-pangan lokal kita, petani lokal juga harus diperhatikan,”katanya.

 

Upaya dinas Ketahanan Pangan Kabupaten SBT untuk mengembangkan pangan lokal di daerah ini melalui Program Solid perlu terus dilakukan dan ditingkatkan, diantaranya dengan menyediakan pasar yang baik.

 

Sehingga, manfaat ekonomis dari produk-produk berupa Minyak Goreng Minlen, kacang Solang, Jus Pala dan beberapa jenis produk lain yang dihasilkan juga dapat ditingkatkan.

 

Alimudin Kolatlena mengatakan, perlunya perhatian tersebut juga mengingat kondisi warga di sejumlah wilayah, terutama di beberapa pulau yang kadang sulit berakses untuk memenuhi kebutuhan pangan lantaran kondisi cuaca.

 

Pemerintah perlu lebih memberikan kemudahan bagi warga untuk memenuhi kebutuhan mereka melalui pangan lokal.(MB)