DPRD : Pembangunan Bandara Gorom Harus Sesuai RTRW

DPRD : Pembangunan Bandara Gorom Harus Sesuai RTRW

BULA, hunimuanews.com- Anggota Komisi C DPRD kabupaten Seram Bagian Timur, Bahrum Wadjo mengatakan, pembangunan Bandar Udara Gorom di kecamatan Pulau Gorom perlu memperhatikan rencana tata ruang wilayah (RTRW) daerah ini.

 

Bahrum Wadjo mengatakan, salah satu langkah penting yang perlu dilakukan untuk menyesesuian rencana pemangunan Badara Gorom dengan RTRW adalah amandemen Peraturan Daerah (Perda) tentang RTRW.

 

“Kalau kita bicara tentang kaidah-kaidah perencanaan daerah maka perlu geografis dan konstruksi dasarnya ada di RT RW,”kata Wadjo kepada hunimuanews.com, Jumat (30/11).

 

Hal itu, kata Wadjo telah ia sampaikan kepada pemerintah daerah saat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten SBT mengusulkan anggaran survey dalam rangka analisis dampak lingkungan beberapa waktu lalu.

 

“Saat yang sama, sebagai anggota badan anggaran saya telah menyampaikan bahwa harus ada amandemen tentang rencana Perda tentang rencana tata ruang dan rencana tata wilayah,”ungkapnya.

 

Ia menjelaskan, RTRW memuat lebih detail tentang arah kebijakan pembangunan daerah.

 

“Berikutnya adalah pembangunan dan letak pulau gorom, pembangunan letak pulau Gorom ini harus mendudukkan kaidah-kaidah perencanaan daerah pada posisi yang strategis, agar tidak terjadi dikotomi antara pemerintah dan masyarakat dalam menginterpretasi pembangunan ini,”ujarnya.(GR)