DPRD Maluku Kunjungi KPUD SBT

DPRD Maluku Kunjungi KPUD SBT

BULA, hunimuanews.com - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten SBT pada Kamis, 03 September 2020. Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi I Amir Rumra dan disambut langsung Ketua KPUD SBT Kisman Kelian, Sekretaris KPUD serta empat komisioner KPUD SBT.

 

Amir Rumra usai bertatap muka dengan pihak KPUD SBT kepada wartawan mengatakan, kunjungan tersebut untuk mengawasi dan memantau secara langsung kesiapan KPUD dan Bawaslu SBT dalam menghadapi Pilkada serentak yang akan berlangsung 09 Desember 2020.

 

“Kehadiran kami sekaligus memantau semua tahapan. Baik yang sudah dilaksanakan maupun yang belum terlaksana. Agar terkait kekurangan kelengkapan, kami bisa jadikan bahan dengar pendapat bersama KPU Provinsi Maluku” tutur Rumra kepada awak media di Kantor KPUD SBT.

 

Soal pertemuan bersama KPUD SBG kata Rumra, wakil-wakil rakyat dari provinsi ini berdiskusi panjang lebar menyangkut kesiapan menuju Pilkada serentak 2020. “Dan saya merasa Ketua maupun komisioner di sini sudah bepengalaman dan mereka adalah orang hebat. Hingga dapat saya pastikan mereka bisa dapat menyukseskan pesta demokrasi ini” ucap Rumra.

 

Rumra juga sempat menyinggung soal dana 1,7 miliar yang diperuntukkan Komisi I DPRD Provinsi Maluku ke KPU dan Bawaslu. Maka itu, kami harus mengawal dan mengawasi pelaksanaan Pilkada Serentak di Bumi Ita Wotu Nusa Ini. “Kami membantu kinerja KPU dan Bawaslu dengan dana yang sangat besar. Untuk itu kami terus mendampingi kinerja mereka” ucapnya.

 

Di tempat bersamaan Ketua KPUD SBT Kisman Kelian saat ditanya wartawan, dirinya mengapresiasi kunjungan orang-orang terhormat itu. Kata Kisman, KPUD SBT mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas perhatian serius Komisi I DPRD Provinsi Maluku. “Tak lain, kehadiran tamu-tamu ini untuk memastikan kesiapan jalannya tahapan-tahapan jelang Pilkada Serentak ini” ucap Kisman.

 

Ketua KPUD dua periode ini juga mengakui, dalam pertemuan sudah dijelaskan sejauh dalam persoalan kesiapan untuk menyukseskan Pilkada. Maka itu lanjut Kisman, pada pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati pada Jumat, 04 September besok, Komisi I turut hadir menyaksikan jalan tahapan pendaftaran.

 

Namun untuk diketahui, kunjungan Komisi I DPRD Provinsi Maluku ini tidak dipusatkan di Kabupaten SBT semata. Melainkan sebagian anggota DPRD tersebar pada tiga Kabupaten lainya. Diantaranya, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan Kabupaten Buru Selatan. (HN-Opan)