DPRD Berharap Penyerapan DAK Tak Bermasalah

DPRD Berharap Penyerapan DAK Tak Bermasalah

AMBON, hunimuanews.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kkabupaten Seram Bagian Timur berharap, penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) di daerah ini tidak lagi bermasalah, sehingga dapat digunakan secara maksimal.

 

Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPRD kabupaten SBT, Alimudin Kolatlena kepada hunimuanews.com di Ambon, Rabu (24/10).

 

Pada beberapa tahun anggaran sebelumnya, penyerapan DAK di daerah ini selalu bermasalah lantaran dana yang dikucurkan pemerintah pusat ini terlambat digunakan.

 

Pada tahun anggaran 2018, misalnya hingga bulan Mei, diketahui penyerapan DAK  di kabupaten SBT masih nol persen.

 

“Pada tahun ini pun, kemarin teman-teman anggota DPRD cukup tegas mendesak pemerintah, agar secepatnya merealisasikan anggaran di tahun 2018. Kita lihat saja, Ada kegiatan-kegiatan yang skala besar itu,di akhir tahun baru direalisasi,”ungkapnya.  

 

Menurut anggota Komisi B ini, keterlambatan penyerapan dana tersebut berdampak buruk terhadap proses pembangunan di daerah dan mengakibatkan roda perekonomian melambat. “Dan sangat kita rasakan,”tegas Kolatlena.

 

Karena itu, lanjut Kolatlena pemerintah daerah melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang mengelola DAK harus lebih cepat menyiapakn berbagai dokumen DAK sejak awal, agar  DAK tahun 2019 tidak molor. (MB)