Direncanakan Maret 2018, Festival Kefing Akan Digelar

Direncanakan Maret 2018, Festival Kefing Akan Digelar

Bula SBT, hunimuanews - Pemerintah Daerah SBT, merencanakan pada bulan Maret 2018 nanti, akan menggelar Festival Kefing, sebagai salah satu bentuk memperkenalkan potensi kekayaan alam dilaut SBT.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Peneliti Pusat Penelitian Laut Dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPLD-LIPI) Ambon, dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten SBT beberapa pekan lalu di pulau Kefing dan sekitarnya menjadi acuan untuk pengembangan beberapa potensi pariwisata

Ketua Tim Peneliti sekaligus Kepala Dinas Koperindag kabupaten SBT, Lucky Uyara, menjelaskan tinda lanjut dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu menetapkan perairan disekitar pulau Kefing dijadikan tempat penelitian bagi beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian LIPI, ditemukan Spot selam baru di bagian utara perairan Kefing, lokasi tersebut ditandai sebagai stasiun pengamatan tiga. Ungkap Lucky, kepada media hunimuanews

Dilokasi tersebut , pada kedalaman 10 hingga 15 meter dari permukaan laut, terdapat goa bawah laut pada lereng terumbu yang terjal.

Goa bawah laut merupakan  surga tersembuyi dengan beragam tanaman sponge, tumbuhan akar bahar atau Euplexaura sp, koral gorgonian dan crynoid tumbuh menyebar di seluruh dinding terjal terumbu.

Keindahan pemandangan bawah laut juga didukung oleh berbagai jenis ikan karang dalam jumlah melimpah, seperti Abudefduf vaigiensis, Chrysiptera cyanea, Chrimis ternatensis, Dascillus reticulatus dan Pomacentrus molucenis.

Selain memiliki berbagai laut yang indah, terdapat juga beberapa pilihan yang berupa wisata mangrove , dengan luas erea 173 hektar yang masih terjaga dengan baik hingga saat ini. (HN - AL)