Dinas Pendidikan SBT Siap Gelar Ujian

Dinas Pendidikan SBT Siap Gelar Ujian

 

BULA, Hunimuanews - Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahrga kabupaten Seram Bagian Timur, mulai melakukan persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahrga kabupaten Seram Bagian Timur, Achmat Rumaratu mengatakan, persiapan tersebut, diantaranya adalah pembentukan panitia ujian.

 

“Terkait persiapan ujian, SK (Surat Keputusan-red) bupati tentang panitia ujian sudah oke,”kata Rumaratu di ruang kerjanya, Selasa (27/2).

 

Rumaratu menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar  rapat bersama pihak Kementerian Agama, karena pihak Kementerian Agama juga merupakan bagian dari panitia ujian sesuai SK panitia Ujian Nasional tersebut.

 

Dimana, selain SD dan SMP, ujian nanti juga akan dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs).

 

Untuk ujian tingkat  SD, Rumaratu mengungkapkan, akan digelar dua tahap, yaitu ujian sekolah untuk SD MI, ujian akan digelar dua tahap yaitu tahap ujian sekolah dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

 

Sementara untuk SMP, sesuai Prosedur Operasional Standar (POS), pihaknya telah menyiapkan dokumen soal. Tapi,  masih  berkoordinasi dengan pihak dinas pendidikan provinsi terkait pembagian kekuatan soal yang diberikan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

 

“Bahwa kabupaten punya tanggung jawab berpa persen, propinsi berapa persen dan pusat berapa persen, Soal kesiapan, kami sudah siap. Soalnya sudah dibawa ke Ambon,”tegasnya.

 

Terkait  jumlah sekolah dan jumlah peserta ujian tahun ini, Rumaratu merinci,  SD sebanyak 192 Sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 2.475 perserta, MI sebanyak 17 Sekolah dengan jumlah peserta ujian sebanyak 168 peserta.

 

Sementara  SMP sebanyak 50 Sekolah dengan jumlah peserta  1.751 perserta, dan MTs sebanyak 10 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 584 peserta.(HN - MB)