Diduga Bom Peninggalan Militer Perang Dunia II, Ditemukan Warga Kota Bula

Diduga Bom Peninggalan Militer Perang Dunia II, Ditemukan Warga Kota Bula

AMBON, hunimuanews.com - Salah satu benda diduga mirip bom udara, peninggalan militer perang dunia ke kedua ditemukan Baharudin Rumonin (60), salah satu warga lorong arab, Negeri Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada Kamis, 02/07/2020. 

 

Informasi yang dihimpun di Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) Kamis malam menyebutkan, awalnya pada pukul 15. 30 WIT,  Baharudin Rumonin sedang menyusun batu di saluran air got belakang rumahnya. Jumat, 03/07/2020.

 

Awalnya, pada pukul 15. 30 Wit. Baharudin Rumonin sedang menyusun batu di saluran air got di belakang rumahnya, untuk menahan arus air agar tidak menimbulkan longsong.

 

Namun, sekitar satu jam kemudian, Baharudin terkejut setalah melihat ada potongan besi besar berbentuk bulat. "Beta kaget saat melihat benda itu" ucap pria pensiunan Pegawai Negeri Sipil tersebut.

Baharudin pun merasa takut dengan benda yang ditemukan. Akhirnya, Baharudin sempat memanggil dua warga lainya. "Beta panggil saudara Wahab Kelrey dan saudara Muhamad Kelbarin, untuk melihat benda itu" ucapnya.

 

Karena tidak mau mengambil resiko, Baharudin bersama Muhamad, bergegas langsung melaporkan kejadian tersebut ke piket penjagaan Kompi 3 Yon B Pelopor untuk diamankan.

 

Setelah dilaporkan, Brimob Kompi 3, Batalyon B sejak sore itu, langsung berkordinasi dengan Tim Gegana di Masohi untuk segera mengevakuasi benda tersebut.

 

Diketahui, benda berbentuk bom itu sudah dipasang garis polisi. Dan warga diminta untuk tidak beraktivitas di dekat lokasi tersebut. (HN-Opan)