Destinasi Pulau Kon

Destinasi Pulau Kon

SEKTOR WISATA BAHARI MALUKU MENJAMIN SUMBER PENDAPATAN EKONOMI BAGI MASYARAKAT MAUPUN PEMERINTAH DAERAH

Oleh, Firmansyah R Watimena (Mahasiswa Trisakti)

 

JAKARTA, hunimuanews.com- Di timur Indonesia saat ini menjadi syurga bagi para wisatawan baik lokal mau pun manca negara yang dapat di kunjungi pada setiap hari dan akhir pekan maupun di waktu wisatawan memiliki jadwal tersendiri.

 

memilih mengunjungi indonesia timur seperti Alor di NTT, kepulauan Morotai di Maluku Utara, Raja Ampat dan Misol di Papua Barat, kepulauan Banda dan Pulau Koon di Maluku merupakan surga destinasi di ufuk timur

 

Salah satunya, desrinasi pulau Koon yang merupakan salah satu destinasi wisata bahari yg selalu di kunjungi oleh para wisatawan lokal mau pun manca negara di mana di setiap bulan oktober sampe dengan april selalu dikunjungi oleh puluhan liveeboad di mana telah di catat jumlah itu oleh sala satu international foundation ( WWF-Indonesia ) yg melakukan kegiatan survey bawah laut sejak tahun 2011 sampai saat ini. 

 

Rute destinasi di pulau kon, biasanya Puluhan liveebooad yg di pakai oleh para turis sebelum melanjutkan perjalanan menuju Raja Ampat mereka mampir di pulau Koon melakukan diving mau pun snorkling di pulau Koon yg terletak di penghujung timur pulau Seram tepatnya di petuananan/daerah kekuasaan negeri Kataloka, kecamatan Pulau Gorom, kabupaten Seram Bagian Timur, provinsi Maluku. 

 

Ada pun local foundation lembaga  Wanu Adat ataloa (LEWANA) Yang bekerja sama dengan WWF indonesia dalam hal pengelolaan pariwisata di pulau Koon dengan cara penjualan pin untuk setiap turis yg datang ke pulau tersebut.  

 

Dari segi dampak perputaran ekonomi biasanya sebelum para pecinta destinasi di pulau kon,  berkunjung di kecamatan pulau gorok tepatnya di seputaran area dermaga kataloka dan ondor untuk mempersiapkan bahan-bahan keperluan selama berada di pulau kon, yakni mengisi air serta mempersiapkan beberapa bahan makanan pokok. (HN-AL)