Desa Sumber Agung Rawan Banjir, Payapo : Butuh Drainase

Desa Sumber Agung Rawan Banjir, Payapo :  Butuh Drainase

BULA, hunimuanews.com-Desa Sumber Agung kecamatan Bula Barat Kabupaten Seram Bagian Timur selalu dilanda banjir saat hujan deras. Akibatnya, rumah warga tergenang air, lahan pertanian juga terancam.

 

Kondisi tersebut kembali dialami warga saat hujan deras beberapa hari lalu. Puluhan rumah warga tergenang air. Warga pun harus mengamankan barang-barang penting mereka.

 

Potensi banjir di desa itu membuat warga setempat selalu waspada saat hujan deras, apalagi hujan pada malam hari.

 

“Yang kita butuhkan adalah Drainase di beberapa jalur di dalam desa Sumber Agung, diantaranya jalur Seti, jalur dua, jalur tiga, jalur empat dan jalur enam, karena di situ potensi banjir,” kata Penjabat kepala desa Sumber Agung, Abd Rahim Payapo, Senin (18/3).

 

Selain rumah warga, banjir juga mengancam tanaman produktif  milik warga dilahan pertanian mereka.

 

Selain saluran Drainasse, lanjut Payapo perlu adanya normalisasi sungai yang ada di sekitar desa tersebut, karena bila air di sungai meluap dan meluber hingga di badan jalan umum dapat mengganggu arus transportasi di desa itu.

 

“Kondisi banjir serta air yang meluap dari sungai hingga di jalan umum itu sangat menganggu aktivitas masyarakat,”ungkapnya.

 

Payapo mengatakan, masalah tersebut telah ia disampaikan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Bula Barat, beberapa waktu lalu.

 

“Saya sudah usulkan itu (Saluran Drainasse dan normalisasi sungai-red) saat Musrenbang. Kami mohon ada perhatian melalui dinas terkait, agar masalah banjir dapat teratasi,”ungkap Payapo.(MB)