Cegah Covid19, Bupati SBT Setujui Rekomendasi Tim Gustus

Cegah Covid19, Bupati SBT Setujui Rekomendasi Tim Gustus

BULA, hunimuanews.com-Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas menyetujui langkah-langkah yang dirumuskan tim gugus tugas pencegahan dan penanganan virus Corona atau Covid19.

 

Sebelumnya, tim gugus tugas menggelar rapat di aula RSUD Bula pada, Sabtu (21/3/2020) dan merumuskan beberapa.langkah dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona, diantaranya meliburkan semua siswa/i TK PAUD, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama selama 14 hari, terhitung sejak Senin (23/3/2020) dan dapat diperpanjang sesuai perkembangan.

 

Kebijakan yang sama juga akan diberlakukan untuk Aparatur Sipil Negera di lingkungan pemerintah kabupaten SBT, terutama staf di setiap kantor. Sementara pejabat eselon II, III, IV, pejabat fungsional tertentu dan staf pada instansi pelayanan umum.

 

Tim ini juga menetapkan langkah lainnya yakni perlunya menutup tempat-tempat wisata di daerah ini, mengehentikan perjalanan dinas bagi ASN  kecuali tugas yang sangat penting dan mendesak atas izin bupati.

 

Selain itu, menetapkan proses pelayanan pemeriksaan jemaah haji Kabupaten SBT tetap dilaksanakan seperti biasa, namun untuk tujuan Cosial Distancing maka RSUD Bula dapat mengaturnya ke dalam sebuah mekanisme penjadwalan tertentu dengan mempertimbangkan aspek pentingnya Cosial Distancing tersebut.

 

Sejumlah langkah tersebut pun direkomendasikan oleh tim Gugus tugaa kepada bupati, Abdul Mukti Keliobas dan mendapat respon positif.

 

"Pak bupati setujui poin-poin rekomendasi itu. Dan beliau perintahkan kami untuk tindaklanjuti,"kata Asisten I Setda kabupaten SBT, A.I.T Wokanubun saat dikonfirmasi media ini via seluler pada, Minggu (22/3/2020) malam.

 

Rekomendasi tim Gugus tugas tersebut ditindaklanjuti dengan edaran serta instruksi bupati kepada ASN serta masyarakat. "Jadi, edaran itu.untuk masyarakat umum, sementara instruksi untuk OPD,"sebut Wokanubun.

 

Menyoal langkah meliburkan siswa serta ASN, Wokanubun mengatakan, kepastiannya ditetapkan melalui instruksi bupati. "Selanjutnya pak Sekda keluarkan surat untuk liburkan ASN, dan dinas Pendidikan keluarkan surat untuk liburkan siswa, mulai dari TK PAUD, SD hingga SMP,"katanya.

 

Terkait kepastian waktu pelaksanaan langkah-langkah tersebut, Wokanubun mengatakan setelah bupati menandatangani edaran serta instruksi.

 

"Edaran dan instruksi sudah siap, tinggal pak bupati tanda tangan. Malam ini beliau tanda tangan maka besok (Senin-red) kita sudah bisa aksi. Dan pa bupati, kalau ada kesempatan akan konfrensi pers,"pungkas Wokanubun.(HN-03)