Cegah Covid-19, KPUD SBT Bagi Tugas Lantik PPS di Tingkat Kecamatan

Cegah Covid-19, KPUD SBT Bagi Tugas Lantik PPS di Tingkat Kecamatan

BULA, hunimuanews.com - Dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran (SE) KPU nomor 8 tahun 2020 terkait Pelaksanaan Keputusan KPU Nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020, tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Wali Kota, dan Wakil Wali Kota tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. 

 

Komisi Pemilihan umum Daerah (KPUD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), ketua dan komisioner KPU membagi tugas untuk melantik Panitia Pengumutan Suara (PPS) di Tingkat Kecamatan. Senin, (23/03/2020).

 

Anggota Komisioner KPUD SBT Taib Wangsi saat dijumpai awak media di ruang kerjanya pada Minggu, 22/03 kemarin dirinya mengatakan, untuk mencegah COVID-19 itu, KPU RI meminta KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota agar segera menunda pelaksanaan pelantikan PPS di 22 Maret 2020. Dan Masa Kerja PPS dari 23 Maret sampai 23 November 2020.

 

Namu Kata Wangsi, langka yang dilakukan KPU SBT dalam melantik PPS itu, merujuk pada poin b. dalam surat edaran tersebut yang menjelaskan, Dalam hal KPU Kabupaten/Kota telah siap melaksanakan pelantikan PPS dan berdasarkan koordinasi dengan pihak berwenang (Pemerintah Daerah dan Kepolisian setempat) dinyatakan bahwa daerah tersebut belum terdampak penyebaran COVID-19, maka pelantikan PPS dapat dilanjutkan. Masa kerja PPS yang telah dilantik akan diatur kemudian.

 

"Kami telah melakukan upaya berkoordinasi, berkomunikasi, berkalaborasi dengan Pemda, dinas kesehatan, dan pihak Polres SBT setempat. dan kami menunggu respon itu berjam-jam. Tapi atas kerjasama yang baik, semua pihak terkait menerima koordinasi yang kami lakukan, dan pelantikan PPS tetap berjalan pada Kecamatan-kecamatan yang sudah ditetapkan" ucap Wangsi, yang juga membidangi definisi tehnis di KPU SBT itu.

 

Wangsi mengharapkan, PPS menjaga integritas sebagai penyelenggara. Selain itu, sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas. Dan PPS harus menjaga senergitas, menjalin koordinasi, komunikasi agar mampu memberikan hak pilih masyarakat yang baik. "Karena ada banyak masalah dilapangan itu sebab tidak ada koordinasi dan komunikasi yang baik dari bawah" harap Wangsi.

 

Untuk diketahui, inilah pembagian wilayah pelantikan PPS di tingkat Kecamatan, diantara.

 

1. Ketua KPU SBT Kisman Kelian, melantik PPS Kecamatan, Pulau Gorom, Gorom Timur dan Pulau Panjang.

 

2. Komisioner KPU Taib Wangsi, menangani  pelantikan PPS Kecamatan Bula.  

 

3. Komisioner KPU Amnun Nakip, di Kecamatan Teluk Waru, Bula Barat, dan Siwalalat.

 

4. Heder Boften, mengambil, rute Kecamatan Tutuk Tolu, Kiandarat, Siritaun Widatimur, Seram Timur dan Kecamatan Kilmury.

 

5. Hidayat Kelilauw, tangani pelantikan PPS di Kecamatan Teor dan Wakate.


Adapun, Kecamatan yang sudah melakukan pelantikan PPS pada tanggal 21/03/2020. Seperti di Kecamatan Kilmury, Kecamatan Seram Timur, Kecamatan Teluk Waru, dan Kecamatan Bula Barat. "Sementara 11 Kecamatan dilaksanakan hari Minggu, 22/03" tutup Wangsi. (HN-Opan).