Cegah Covid-19, Ini Langkah Pemdes Hote

Cegah Covid-19, Ini Langkah Pemdes Hote

BULA, hunimuanews.com - Pemerintah desa Hote, kecamatan Bula Barat, kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terus berupaya menangkal Covid-19. Tim Relawan telah dibentuk dan mulai bekerja, melindungi warga Hote dari penyebaran Virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan, Tiongkok tersebut.

 

Langkah yang dilakukan tim relawan desa Hote, diantaranya membagikan ratusan Masker dan tempat cuci tangan serta sabun kepada warga setempat pada, Kamis (16/4/2020). 

 

Sebanyak 500 buah Masker serta Ember dan sabun cair dibagikan kepada warga. Setiap anggota keluarga dalam satu rumah mendapatkan satu Masker, sementara ember dan sabun cuci tangan langsung ditempatkan di depan rumah warga untuk digunakan.

 

“Jadi kita kerjasama dengan PKK desa Hote, Babinsa dan Babinkabtimas. Dan apa yang kita lakukan hari ini adalah bagian dari upaya mencegah Covid-19,”kata Penjabat kepala desa Hote, Ahmad Yani Paitaha disela memimpin pembangian Masker dan pencuci tangan tersebut.

 

Saat pembagian itu, tim relawan mengingatkan warga untuk selalu memakai Masker saat keluar serta rajin mencuci tangan, terutama selesai beraktivitas, baik di dalam maupun di luar rumah. 

 

Tim relawan juga menjelaskan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menempelkan Leflet tentang langkah pencegahan Covid-19 di setiap rumah warga.

 

Pantuan media ini, langkah Pemerintah Hote melalui tim relawan tersebut mendapat apresiasi dari setiap warga yang ditemui. 

 

Sebelum pembagian Masker dan tempat cuci tangan tersebut, telah dibuka posko tim relawan di ujung jalan yang menjadi akses utama ke pemukiman warga desa Hote.

 

Relawan yang ditempatkan di Posko tersebut bekerja ekstra, menjaga ketat arus kendaraan dan manusia ke desa Hote dengan memeriksa suhu badan serta mendata setiap orang yang ingin masuk ke desa ini, terutama yang bukan warga Hote. 

 

Sebelum menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan mengisi buku tamu yang disediakan tim relawan, setiap orang yang ingin ke perkampungan desa Hote terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun. 

 

“Kita perketat pengawasan di Posko. karena ini pintu masuk ke desa. Alhamdulillah, sampai saat ini, aman.,”ungkap Ahmad Yani Paitaha.

 

Bila menemukan pengunjung dengan suhu tubuh di atas normal atau gejala lain yang mencurigakan. lanjut Paitaha, tim relawan diharuskan melaporkan kepada pemerintah desa, guna selanjutnya disampaikan kepada tim gugus kecamatan hingga kabupaten untuk ditangani lebih lanjut

 

Di tempat yang sama, ketua TP PKK desa Hote, Sukmawati R. Paitaha mengatakan sebelunya pihaknya juga telah melakukan sosialisasi tentang PHBS kepada warga, terutama para ibu rumah tangga.

 

“ Hari ini  bukan sosialisasi pertama, karena kami telah melakukan hal yang sama pada bulan Maret,”ungkap Sukmawati. 

 

Selain itu, Sukmawati menuturkan pihaknya juga intesif mengimbau para ibu rumah tangga untuk menyediakan sayur dalam daftar menu makan sehari-hari bersama keluarga, guna menjaga stamina semua anggota keluarga agar tidak mudah terjangkit Covid-19.  

 

“Apalagi di desa Hote ini ada sayur Kelor, Katok. Bagus untuk stamina keluargar  dapat terjaga bahkan ditingkatkan,”ungkapnya.(HN-03)