Bupati-Wabup SBT dan Kepulauan Aru, Resmi Dilantik

Bupati-Wabup SBT dan Kepulauan Aru, Resmi Dilantik

AMBON, hunimuanews.com-Gubernur Maluku Murad Ismail secara resmi melantik Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur dan Bupati dan wakil Bupati kepulauan Aru, Johan Gonga dan Muin Sogalrey Jumat (26/2/2021).

 

Diketahui Gubernur melantik Bupati SBT dan Bupati kepulauan Aru itu secara tatap muka pada pukul 16:00 (Wit) yang bertempat di lantai 7 kantor gubernur maluku.


Proses pelantikan itu dibatasi dari sekian tamu yang turut hadir dalam prosesi pengambilan sumpah janji jabatan dua Bupati dimaksud, mengingat hal itu diterapkan guna mematuhi protokol kesehatan hingga pelantikannya dibatasi dan dapat diikuti secara online maupun offline.

 

Selain itu, untuk menyaksikan jalannya acara tersebut Forkopimda, anggota DPRD, pimpinan OPD, partai pendukung, tim sukses dan yang lainnya di lingkup kabupaten kota, dapat mengikuti melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming youtube Pemda Provinsi Maluku.


Sambutan gubernur maluku Murad Ismail yang disiarkan langsung melalui streaming youtube Pemda Provinsi Maluku. Dalam sambutan itu Murad mengatakan, proses pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan keputusan menteri dalam negeri (Mendagri) republik Indonesia yang dituangkan dalam salinan surat keputusan dengan nomor 131.81-380 Tahun 2021 tentang pengesahan pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di kabupaten pada provinsi Maluku.


Dijelaskan, atas nama menteri dalam negeri (Mendagri) hari ini melantik dua pasangan Bupati dan wakil Bupati, hal ini sekaligus menandai berakhirnya pesta demokrasi yang berlangsung kurang lebih enam bulan, Ucap Murad dalam sambutanya.


Selain itu, orang nomor satu di maluku ini berharap, selaku pimpinan di daerah ini dirinya meminta kepada kedua Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja di lantik serta seluruh elemen masyarakat, baik di kabupaten kepulauan Aru maupun kabupaten Seram Bagian Timur agar segera melupaka masa-masa kompetisi dan persaingan politik yang terjadi hingga saat ini.


"Sudarah Bupati dan wakil Bupati wajib mengmbil, merangkul mengikutsertakan seluruh potensi dan sumber daya daerah secara baik" Pungkasnya.

 

Melalui sambutan itu Murad menitipkan beberapa pesan kepada pasangan Bupati dan wakil Bupati usai dilantik, ia mengingatkan bahwa daerah ini masi dalam masa covid 19 untuk itu dirinya meminta secara tegas kepada masing-masing pasangan pimpinan daerah yang baru saja dilantik agar memperhatikan semua program dan kegiatan terutama dibidang kesehatan yang berkaitan dengan wabah Covid 19 agar benar benar dikawal guna mencegah penularan covid 19.


Ia menambahkan sebagai daerah yang terus berpacu dengan pembangunan terdapat sumber daya alam dan potensi daerah yang belum terkelola dengan baik, lewat kesempatan itu dirinya meminta kepada pasangan Bupati dan wakil Bupati agar segera di kelola dan dimanfaatkan untuk kemajuan daerah ini. (HN-amr)