Bupati SBT Sampaikan LKPJ APBD 2017

Bupati SBT Sampaikan LKPJ APBD 2017

BULA, hunimuanews.com - Bupati kabupaten Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, Rabu (1/8) menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017.

 

Keliobas menyampaikan LKPJ tersebut dalam sidang paripurna DPRD kabupaten SBT yang dipimpin ketua DPRD, Agil Rumakat dan wakil ketua DPRD, Abdullah Kelilauw.

 

Keliobas menjelaskan, LKPJ tahun 2017 merupakan pelaksanaan Undang-Undang nomor 23 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan nomor 3 tahun 2007 tentang laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada pemerintah, laporan pertanggungjawaban kepala daerah kepada DPRD dan informasi laporan penyelenggaran pemerintahan daerah kepada masyarakat.

 

Tujuan LKPJ tersebut adalah pemberian keterangan bupati kepada DPRD kabupaten SBT tentang pelaksanaan tugas-tugas desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan selama tahun 2017.

 

Ditegaskan, LKPJ bupati merupakan progress report atas pelaksanaan tugas dan pencapaian kinerja selama tahun 2017, sekaligus merupakan akuntablitas bersama antara kelembagaan pemerintah daerah dan DPRD.

 

“Dengan demikian, LKPJ bupati merupakan konsekukensi atas berbagai kesepakatan bersama untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi warga yang telah dituangkan dalam APBD kabupaten SBT tahun 2017,”ungkap Keliobas.  

 

Ia menjelaskan, LKPJ bupati Seram Bagian Timur disusun berdasarkan Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2016-2021, rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun anggaran 2017, kebijakan umum APBD (KUA) serta prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS), serta peraturan daerah kabupaten SBT nomor 10  tahun 2017 tentang perubahan APBD kabupaten SBT tahun 2017.

 

Disebutkan, Berdasarkan RPJMD 2016-2021, visi pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur adalah terwujudnya kabupaten Seram Bagian Timur yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis sumber daya lokal.

 

Keliobas menyebutkan, guna mewujudkan visi tersebut, misi yang diemban oleh pemerintah kabupaten SBT, yakni mengembangkan aktivitas ekonomi lokal berbasis komoditi unggulan dan kelembagaan lokal di daerah perdesaan, menjalankan reformasi birokrasi dalam tata kelola birokrasi, serta reformasi agraria dalam tata ruang wilayah.

 

Dan, lanjutnya mengembangkan jejaring kerasama multi level stakeholder untuk pengembangan perekonomian daerah yang kuat dan kompetitif.

 

Pemda kabupaten SBT juga mengemban misi, mendorong penguatan demokrasi dan paritisipasi publik dalam system tata kelola pemerintahan yang terbuka, akuntabel dan bertanggung jawab.

 

Selain itu, pemerintah di daerah ini juga mendorong pengembangan sektor unggulan sektor kelautan dan perikanan, serta mengembangkan aksesibilitas infrastruktur dan akses lain terhadap Iptek, permodalan dan pasar.

 

“Dan memperkuat kapasitas sumber daya manusia serta kelembagaan lokal dalam integrasi pasar bebas dan masyarakat ekonomi Asean (MEA),”tandas Keliobas.

 

Pantauan Hunimuanews.com, hadir pada sidang paripurna yang dipimpin ketua DPRD, Agil Rumakat dan wakil ketua DPRD, Abdullah Keliauw itu, anggota dan pimpinan DPRD kabupaten SBT, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup pemerintah kabupaten SBT dan pimpinan TNI/Polri di daerah ini. (MB)