Bupati SBT Melantik Raja Ondor XI

Bupati SBT Melantik Raja Ondor XI

Gorom SBT, hunimuanews - Raja Ondor Muhammad Jasmin Kelilauw, resmi dilantik sebagai kepala pemerintahan negeri Ondor oleh Bupati Kabupaten Seram bagian Timur (SBT) Mukti Keliobas,  bertempat di pusat pemerintahan Rumah Adat Negeri Ondor, Jumat (09/12).

Sebelum pelaksanaan pelantikan, keluarga dan sesepuh tua-tua adat melakukan prosesi Hakarihi dan Doa selanjutnya bersama masyarakat mengantar Sang Pemimpin baru dari kediaman menuju ke lokasi pelantikan secara bersama-sama yang diiringi dengan beberapa atraksi tipa syawat.

Pelatikan Jamsin Kelilauw sebagai Raja Negeri Ondoe ke-XI turut dihadiri wakil bupati SBT , Gubenur Maluku Said Assagaff, bersama sejumlah Pimpinan SKPD lingkup Pemprov Maluku, Wakil Ketua DPRD Maluku Said Musakir Assagaff, anggoat DPRD SBT, dan perangkat SKPD SBT.

Dengan rasa terharu, Bupati Mukti Keliobas dalam sambutannya, mengatakan setelah sekian lama pemerintahan di negeri Ondor  dipimpin oleh penjabat sementara, saatnya masyarakat Ondor memiliki pemimpin yang definitif sebagai kepala pemerintahan dan sekaligus Raja Negeri Ondor ke-XI.

Kepada pemerintahan yang baru dilantik, Keliobas berharap agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, terutama terkait dengan pengelolaan anggaran alokasi dana desa (ADD) maupun dana desa (DD) secara baik untuk kepentingan kemajuan desa, karena berkaca dari beberapa kasus yang terjadi, sudah banyak kepala desa di Kabupaten SBT diproses hukum akibat salah dalam mengelola dana-dana tersebut.

Di tempat yang sama Gubernur Maluku Said Assagaff, menyatakan rencananya akan ada pemekaran di kabupaten SBT, yakni kota Bula dan Kabupaten Gorom, jika nantinya pemerintah pusat mencabut moratorium. Karenanya Assagaff meminta masyarakat Gorom untuk terus membantu pemerintah terutama pemerintah Kabupaten SBT agar lebih maju kedepan.

Prosesi pelantikan dimeriahkan juga dengan tari-tarian asal negeri Ondor yang dibawakan langsung oleh generasi-generasi muda Ondor. Yakni tarian Adat Waur dan Tarian Lusi