Bupati SBT dan Bupati Fakfak Teken MoU

Bupati SBT dan Bupati Fakfak Teken MoU

BULA, Hunimuanews.com-Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas dan bupati Fakfak, Papua Barat Mohammad Uswanas menandatangani Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman) kerjasama. Pemerintah di dua daerah ini akan bekerjasama di sejumlah bidang.

 

Penandatanganan nota kesepahaman oleh kedua kepala daerah itu digelar aula Pandopo bupati kabupaten SBT, Senin (25/2).

 

Melalui MoU tersebut, pemerintah kabupaten SBT dan pemerintah kabupaten Fakfak akan bekerjasama di bidang Pertanian, Perikanan dan bidang perhubungan.

 

Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas mengatakan, keinginan untuk melaksanakan kerjasama antar pemerintah daerah didasarkan atas beberapa pertimbangan yang rasional, demi kemajuan bersama.

 

“Dan alasan utama karena masing-masing daerah saling membutuhkan,”kata Keliobas.

 

Keliobas berharap, melalui kerjasama ini, potensi di masing-masing daerah dapat disinergikan, sehingga mampu menyelesaikan berbagai masalah yang sulit.

 

“Kita tentunya sama-sama berharap bahwa nantinya melalui kerjasama ini, kita dapat mencapai kemajuan yang lebih tinggi dengan waktu yang lebih cepat,”ungkapnya.

 

Jika diuraikan, lanjut Keliobas banyak manfaat diperoleh melalui kerjasama kedua daerah ini, baik berupa pelayanan publik secara langsung maupun dalam hal penyelenggaraan pemerintahan lainnya.

 

Semua itu, bermuara pada meningkatnya pelayanan kemasyarakatan, demi membawa masyarakat dua Kabupaten ini menjadi lebih berdaya saing, lebih sejahtera, sehingga mampu berdiri setara dengan banyak kabupaten maju lainnya di Indonesia.

 

“Karena itu, rencana kerjasama yang didasari dengan Memorandum of Understanding ini, akan kita arahkan pada beberapa isyu strategis daerah, yang dianggap sangat penting dan prioritas dalam pencapaian target-target pembangunan pada dua kabupaten ini,”tegasnya.

 

Bupati Fakfak, Mohammad Uswanas mengatakan, kerjasama tersebut perlu difokuskan pada pembangunan kawasan.”Di mana-mana, memang orang maju karena pembangunan kawasan,”ungkap Uswasnas.

 

Karena itu, kata Uswanas, selain di kabupaten SBT, ia juga berencana mengujungi daerah lain di Maluku, guna melihat kemungkinan kerjasama daerah-daerah ini kawasan timur ini.

 

“Lalu kita adakan satu pertemuan para bupati di kawasan ini, apakah di Fakfak atau di SBT, supaya kita duduk bicara secara detail,”katanya.

 

Pada kesempatan itu, Uswanas juga menyebutkan persentase masyarakat di kabupaten Fakfak yang mengkomsumsi beberapa jenis pangan lokal yang ada di SBT.

 

“Kita di Fakfak itu, 85 persen tergantung kepada Sagu Seram. Itu Fakta. 70 persen tergantung terhadap Kebi utuk, 60 persen tergantung Anyi-anyi, 90 persen tergantung ikan Julung,”ungkapnya.  

 

Hal itu, lanjut Uswanas sangat menarik untuk diseriusi, kemudian diorientasikan untuk pembanguan ekonomi di kedua daerah. “Mustahil kita tidak bisa kerjasama,”tegasnya.(MB)