Bupati Paparkan Kondisi SBT Jelang Pilkada

Bupati Paparkan Kondisi SBT Jelang Pilkada

AMBON, hunimuanews.com - Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, mengikuti rapat Koordinasi Persiapan Pilkada Serentak 2018 yang digelar pemerintah provinsi Maluku di Ambon, Senin (4/6). Keliobas memaparkan kondisi pemerintahan dan kemanan di daerah ini.

 

Pada kesempatan mempresentasikan kondisi umum kabupaten Seram Bagian Timur, Keliobas menjelaskan, menjelang pelaksanaan Pilkada Maluku, penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan  berjalan dengan baik dan normal.

 

Hal itu antara lain terbukti dengan penetapan Peraturan daerah tentang APBD tahun 2018 yang telah dilaksanakan pada awal tahun 2018, dan saat ini sudah pada tahap pelaksanaan.

 

“Dalam laporan evaluasi semester I penyerapan anggaran, beberapa organisasi perangkat daerah  mencapai angka realisasi sebesar 47 persen. ”ungkapnya.

 

Hal lainnya adalah perekonomian masyarakat. Walaupun belum mengalami pertumbuhan yang signifikan, tapi transaksi tetap berjalan.

 

“Inflasi dalam bulan Ramadhan dan menjelang lebaran masih dalam angka yang wajar dan dapat dikendalikan. Baik melalui apresiasi pasar maupun kegiatan pasar murah,”tandasnya.

 

Sementara terkait kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Seram Bagian Timur, Keliobas memaparkan, kondisi Kamtibmas pada 15 kecamatan di daerah menjelang Pilkada Maluku cukup aman dan kondusif. “Tidak  terdapat kondisi menonjol yang membutuhkn penanganan khusus,”katanya

 

Dijelaskan, kondisi Kamtibmas yang kondusif tersebut akan dipertahankan hingga akhir Pilkada Maluku.

 

Kendati begitu, dalam kondisi khusus perlu antisipasi keamanan, pemusatan personil keamanan di kota Bula menjelang pleno dan penetapan di tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum kabupaten Seram Bagian Timur.

 

“Koordinasi dan konsolidasi telah dilaksanakan bersama tokoh masyarakat dan berbagai pihak, utamananya TNI/Polri, agar tetap siaga dan sigap mengawal proses ini sehingga dapat berjalan aman dan lancar,”jelasnya.(HN-MB)