Bupati Libatkan Kejari Kawal Penggunaan Anggaran Pencegahan Covid-19 di SBT

Bupati Libatkan Kejari Kawal Penggunaan Anggaran Pencegahan Covid-19 di SBT

BULA, hunimuanews.com - Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas, akan melibatkan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) SBT Riyadi, untuk mengawal penggunaan anggaran yang dilakukan selama tim satgas, melakukan tugas percepatan penanganan Virus Corona di Bumi Ita Wotu Nusa. 

 

"Saya juga akan melibatkan pak Kejari SBT untuk mengawal setiap anggaran yang di dipergunakan dalam penanganan bencana non alam di SBT ini, teruma pencegahan Covid-19" ucap Keliobas di Pandopo, saat diwawancarai awak media pada Kamis, 26/03/2020.

 

Keliobas mengatakan, terkait penggunaan anggaran pada kondisi ini, dirinya harus menganalisa sejau mungkin. Pasalnya, anggaran tanggap darurat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT hanya berkisar empat milyar rupiah. Keliobas mengkhawatirkan, ketika terjadi musibah pada bulan mendatang, anggaran dari mana lagi yang harus digunakan.

 

"Maka itu, kita semua harus pertimbangkan anggaran lain. Karena jikalau ada kejadian tanggap darurat misalkan terjadi beberapa bulan kedepan, kita mau pakai dana yang mana untuk menyelesaikan" tutur Keliobas, sembari menatap kehadapan mata wartawan.

 

Padahal kata Keliobas, Tim Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Kabupaten SBT sudah siap usai rapat pembentukan tim, dan estimasi anggaran sudah dimasukkan dengan jumlah 3,8 milyar rupiah. "Tapi mengingat Instruksi Presiden (Inpres) nomor 4 tahun 2020 yang mengatur tentang penggunaan anggaran pada Dinas terkait dalam hal penanganan bencana non alam. (HN-OPAN)