BPJS Ketenagakerjaan Maluku Gelar Raker di Bula

BPJS Ketenagakerjaan Maluku Gelar  Raker di Bula

BULA, hunimuanews.com-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan provinsi Maluku menggelar rapat kerja (raker) operasional bersama Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur di Bula, Kamis (4/10).

 

Raker denga tema "Jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai pemerintah, non pegawai negeri dan aparatur desa se kabupaten SBT itu dilangsukan di Aula kesehatan Seram Bagian Timur.

 

Hadir pada kegiatan tersebut, para camat dan para kepala desa serta sejumlah stakeholder lainnya.

 

Kepala BPJS Maluku, Alias A. Muin kepada hunimuanews.com mengatakan, dalam menjalankan program BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya menyasar pekerja yang terlibat langsung dengan pemerintahan seperti pegawai non ASN di dinas maupun Pemda serta guru honor, pegawai honorer di Puskesmas, Satpol PP, Petugas Pemadam Kebakaran, dan Petugas Kebersihan.

 

"Petugas yang bekerja dengan pemerintahan termasuk juga pemerintahan desa, mereka adalah bagian dari pemerintahan juga dan pekerja yang tentunya ada resiko di dalamnya harus kita berikan perlindungan jaminan sosial kepada mereka." ungkap dia

 

Muin menambahkan, sesuai aturan, tentang tata cara pemberian sanksi administrasi kepada pemberi kerja yang non penyelenggara negara dalam hal ini pekeja-pekerja perusahan swasta.

 

"Maka kami akan mendorong terbitnya semacam regulasi daerah yang sama, yang dalam hal ini regulasi yang sudah ada di tingkat pusat. "katanya. 

 

Dikatakan, hampir sebagian besar perusahan swasta di kabupaten SBT suda terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan, tetapi masih ada usaha mikro di daerah ini yang belum bergabung sebagai peserta .

 

“Ini kemudian kami akan sinergikan dengan pemerintahan daerah, karena ada regulasi yang mengatur tentang itu terkait dengan perizinan. "ungkapnya.

 

Ia menegaskan, perubahan Jamsostek ke BPJS bertujuan, agar semua pekerja harus terlindungi jaminan sosialnya, yakni kecelakaan kerja, kematian, jaminan hari tua dan pensiun.

 

"Kami memiliki 1 kantor Cabang di pulau Seram yang berkedudukan di Masohi dan wilayah kerjanya meliputi Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur." ungkapnya. (GR)