Besok, PSU di 3 TPS Ini

Besok, PSU di 3 TPS Ini

BULA, hunimuanews - Komisi Pemilihan Umum akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Seram Bagian Timur. PSU dilakukan menyusul temuan pelanggaran di 3 TPS tersebut.

 

PSU akan dilaksanakan di TPS 01 desa Tunsai kecamatan Siwalalat, TPS 01 desa Kilmury kecamatan Kilmury dan TPS 01 desa Rarat kecamatan Gorom Timur.

 

PSU dilakukan berdasarkan rekomendasi Panwascam di tiga kecamatan itu tentang temuan pelanggaran saat pencoblosan pada tanggal 27 Juni lalu.

 

Di TPS 01 desa Tunsai, ditemukan sekitar 21 pemilih melakukan pencoblosoan dengan  hanya menggunakan surat keterangan domisili yang dibuat oleh kepala desa setempat, sebagai pengganti KTP eletronik  atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

 

Padahal, telah diatur dalam PKPU Nomor 8 pasal 7 ayat (2) bahwa, dalam memberikan suara di TPS, pemilih menunjukkan formulir Model C6-KWK dan wajib menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan Kepada KPPS.

 

Kemudian, diatur dalam edaran KPU nomor : 574/PL.03.6-SD/06/KPU/VI/2018 angka 2 huruf  a  bahwa, dalam memberikan suara di TPS, pemilih menunjukkan formulir model C6-KWK dan menunjukan KTP-el atau surat ketarangan kepada KPPS.

 

Pada angka 2 huruf  b ederan itu disebutkan bahwa, dalam hal pemilih yang terdaftar dalam DPT sebagaimana disebutkan dalam angka 2 huruf a tidak dapat menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan, diperbolehkan menggunakan hak pilihnya dengan ketentuan petugas KPPS memastikan bahwa formulir model C6-KWK yang dibawa sesuai dengan pemilih yang bersangkutan.

 

Sementara di TPS 01 desa Kilmury, ditemukan pelangaran yakni sisa surat suara saat pemungutan suara pada tangga 27 Juni dicoblos oleh saksi dan petugas KPPS setempat.

 

Dan penyebab PSU di TPS 01 desa Rarat karena ditemukan sekitar 4 pemilih mencoblos lebih dari satu kali.

 

Setelah mengkaji berbagai temuan tersebut, KPU kabupaten Seram Bagian Timur, menyampaikan masalah itu kepada KPU provinsi Maluku, guna digelar PSU di 3 TPS tersebut pada tanggal 1 Juli.

 

“Berkaitan dengan logistik, tadi pagi sekitar jam 6 logistik dibawa ke tiga kecamatan dimana PSU akan dilaksanakan,”kata Ketua KPU kabupaten SBT, Junedi Mahad di ruang kerjanya, Sabtu (30/6).(MB)