Antisipasi Keamanan Pilkada SBT, TNI-Polri Gelar Rapat Koordinasi

Antisipasi Keamanan Pilkada SBT, TNI-Polri Gelar Rapat Koordinasi
Antisipasi Keamanan Pilkada SBT, TNI-Polri Gelar Rapat Koordinasi

BULA, hunimuanews.com- Dalam rangka mengantisipasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), yang aman, damai dan, sukses. TNI dan Porli lingkungan SBT menggelar rapat kordinasi sebagai wujud antisipasi merawat demokrasi di Negeri Ita Wotu Nusa.

 

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa, 14 Januari 2020, di lantai dua Aula Pratama Satwika Polres SBT itu, TNI-Polri dapat menghadirkan unsur penyelenggara Pilkada, untuk dimintai kejelasan secara teknis. Baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) SBT, dan bagian pengawas Bawaslu SBT.

 

Kapolres SBT AKBP Adolof Bormasa dalam arahannya mengatakan, pihaknya menginginkan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 berjalan dengan aman dan sukses sesuai keinginan bersama. Namun kata Bormasa, menuju kesuksesan itu butuh komunikasi yang baik.

 

"Dan semua itu, harus didukung penuh oleh jajajaran Stakeholder, serta dari semua kalangan masyarakat di bumi SBT" harap Kapolres SBT.

 

Maka itu, Kapolres menghimbau agar KPU dan Bawaslu SBT tak usah khawatir. Karena Polri dan Dandim Penghubung 1502 Masohi  tetap sedia untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat sampai ke pelosok-pelosok Desa. "Bapak dan ibu dari para Penyelenggara  tidak usah takut" ucap Kapolres.

 

Selain Kapolres, penjelasan senada disampaikan Perwira Penghubung Kodim 1502 Masohi, soal sosialisasi menurut pihak Kodim, akan diusahakan penyampaian sampai pada Kecamatan dan Desa-desa. 

 

"Kita harapkan, KPU dan Bawaslu SBT, sama-sama turun ke lapangan. Agar masyarakat bisa mengetahui apa yang menjadi kewajiban dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2020 ini"

 

Merespon pernyataan TNI dan Porli, Ketua KPU SBT yang diwakili Kordiv Hukum mengatakan, dari pihak penyelenggara teknis, akan berjalan sesuai PKU Nomor 16 Tahun 2019. terkait tahapan program dan jadwal Pilkada Tahun 2020.

 

"Saat ini KPU berada pada tahapan Pendaftaran Badan Etik Pembentukan  Panitia Pemungutan Suara Tingkat Kecamatan di 15 Kecamatan se Kabupaten SBT" ucap Kordiv Hukum.

 

Maka itu kata pihak penyelenggara, regulasi yang KPU jalankan, bedasarkan Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati Walikota dan Wakil Walikota. "Maka kami sebagai penyelenggara  bekerja mengacu kepada aturan" uapnya.

 

Sementara pihak Bawaslu SBT yang diwakili Kordiv Sumber Daya Manusia (SDM) menjelaskan, berkaitan dengan Pilkada 2020, pihak Bawaslu sudah melakukan satu tahapan. Yakni, perekrutan panitia Panwascam tingkat Kecamatan.

 

"Dan mereka diperintahkan sesuai peraturan Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016 untuk kembali ke Kecamatan melaksanakan tugas dan tungsi masing-masing" ucap Kordiv SDM.

 

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri Kompol La Udin Taher, (Wakapolres SBT), Kapten Inf. Bambang S. ( Danramil Bula), S. Heder Boften (Komisioner KPU SBT), Amnun Naqib, Ipda A.F Sapury (Wadanky Brimop Bula), Letda Inf. Rifai Hasan (Danton Kipan E 731 Kabaresi), Praka Anton ( Pewakilan Pos AL Bula), Para Kabag, Kasat, Kasi dan Anggota Polres SBT lainya. (HN-Opan).