Honorer K2 Juga Harus Ikut Seleksi

Honorer K2 Juga Harus Ikut Seleksi

BULA, Hunimuanews.com-Pemerintah mulai membuka Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Seram Bagian Timur mendapat jatah 232 CPNS. Selain itu, para tenaga honorer Kategori Dua (K2) juga perlu mengikut seleksi CPNS. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah kabupaten SBT, Syarif Makmur.  

 

Pendaftaran CPNS yang dimulai tanggal 19 September 2018 dilakukan secara online. Demikian juga proses seleksi.

 

"Pendaftaran dilakukan secara online, SBT mendapatakan jatah 323 orang,  untuk tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan, sisanya sekitar 60 untuk tenaga teknis" kata Syarif Makmur kepada wartawan usai menghadiri Pelantikan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupatan SBT di gedung Serbaguna dinas kesehatan, kota Bula, Senin (18/9).

 

Dijelaskan, saat melaksanakan acara bersama Menterian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi beberapa waktu lalu, diketahui bawa dari jatah 323 CPNS tersebut, sebagian besar untuk kuota guru dan tenaga kesehatan. “Sisanya sekitar 60 untuk tenaga teknis,”tegasnya.

 

 

“Kita telah melakukan saran ke pemerintah pusat untuk menurunkan Passing Gride (Batas Minila perolehan nilai), karena Maluku tidak bisa disamakan dengan Passing Gride yang ada di pulau jawa dan sumatera, dan mereka setuju,”ungkapnya.

 

Hal itu, lanjutnya, mengingat seleksi sebelumnya  dengan Passing Gride yang berlku secara nasional, peluang plamar di Maluku untuk lolos sangat sempit.

 

“Termasuk papua jadi kita berharap dengan pola seperti itu anak-anak maluku bisa diterima sebagai CPNS,”katanya. 

 

Menyoal pegawai honorer K2, Syarif Makmur mengatakan, khusus untuk pegawai honor K2, pemerintah sementara menggodok peraturan pemerintah tentang pengangkatan tenaga honorer K2 tetapi harus melalu seleksi. “Jadi, seleksinya seperti CPNS ini, dan peraturannya tetap harus dibuat, ”pungkasnya.(YR).